1. Visi SMA Terpadu Al-Qudwah

“Terwujudnya Generasi Islami yang Unggul, Berwawasan Global dan Berjiwa Pancasila”.

VISI

INDIKATOR

Generasi Islami

1.    Melaksanakan shalat wajib dan sunah dengan benar

2.    Mampu membaca al-Quran dengan tartil dan lancar

3.    Menghapal Al-Quran 3 – 5 Juz

4.    Membiasakan puasa sunah

5.    Konsisten menutup aurat

6.    Memiliki akidah yang lurus

7.    Membudayakan  senyum, salam, sopan, sapa, santun (5S)

8.    Memiliki akhlak yang mulia 

Unggul

1.    Memiliki badan yang sehat dan kuat

2.    Terwujudnya sikap disiplin dan mandiri

3.    Terwujudnya sikap kreatif , inovatif dan produktif

4.    Memiliki kemampuan berpikir kritis, terampil dan solutif

5.    Menguasai bidang IPTEK yang bertanggungjawab

6.    Mengenali, mengembangkan dan memanfaatkan potensi dirinya

7.    Berpartisipasi aktif dalam kegiatan masyarakat

8.    Tersebarnya lulusan di berbagai perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri

9.    Terwujudnya profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan

10.  Mengelola bakat dan potensi diri dalam bentuk portofolio

Berwawasan Global

1.    Terwujudnya suasana pembelajaran yang mengeksplor wawasan dan pengetahuan

2.    Bersikap terbuka dalam menghadapi perkembangan IPTEK

3.    Terkoneksi dengan jejaring nasional dan international 

4.    Peduli terhadap isu lokal, nasional maupun international

5.    Memiliki kemampuan komunikasi dalam bahasa asing

Berjiwa Pancasila

1.      Menghargai ragam perbedaan budaya dan agama

2.      Mencintai NKRI

3.      Bela negara

4.      Mencintai dan melestarikan ragam bidaya daerah

5.      Berwawasan nusantara

 

 

  1. Misi SMA Terpadu Al-Qudwah

Tabel 1. Misi SMA Terpadu Al-Qudwah

Misi

Indikator

●      Mewujudkan sinergi dari sikap taat kepada Allah dan peduli kepada sesama

●      Mewujudkan budaya semangat memahami, mengamalkan, dan menyebarkan nilai-nilai islam dan pancasila

●  Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama Islam dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak

●  Meyakini Allah SWT sebagai Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Penguasa alam semesta

●  Menjauhkan diri dari segala pikiran, sikap, dan perilaku bid’ah, khurafat, syirik, dan intoleran.

●  Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah (shalat, shaum, tilawah Al Quran, dzikir dan do’a sesuai petunjuk Al-Quran dan As-Sunnah.

●  Menampilkan perilaku santun, tertib, disiplin, sabar, gigih, dan pemberani dalam menghadapi permasalahan hidup sehari-hari.

●  Mengikhlaskan amal hanya untuk Allah SWT.

●      Mewujudkan pembelajaran yang komprehensif, aktif, dan terintegrasi dengan nilai-nilai islam dan pancasila

 

●      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan Potensi yang dimilki

●     Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah

●     Mendorong dan membantu setiap peserta didik untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.

●     Melaksanakan pembelajaran keterampilan hidup  dan kewirarausahaan untuk mengasah keterampilan dan kemandirian hidup siswa

●     Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan masyarakat yang terkait dengan sekolah

●      Mewujudkan sikap dan semangat unggul agar tumbuh semangat daya saing global

●    Melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan jiwa kepemimpinan siswa.

●    Melaksanakan seleksi dalam setiap even perlombaan yang diadakan sekolah ataupun pemerintah.

●    Mendorong dan membantu setiap siswa untuk berperan aktif dalam setiap kegiatan atau even yang diadakan sekolah atau pemerintah.

●    Melakukan pembinaan mental dan motivasi kepada siswa oleh semua guru sebagai bentuk keteladanan kepada siswa.

●    Mengikuti even perlombaan guru yang diadakan oleh sekolah atau pemerintah secara sportif sebagai bentuk keteladanan kepada siswa.

●      Mengadakan kegiatan kepramukaan bagi seluruh siswa

●      Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dibidang olah raga, bela diri, seni, bahasa asing, karya ilmiah, kepemimpinan, dan teknologi.

●    Melaksanakan pembinaan atau pelatihan bagi guru dalam menunjang pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler.

●      Menciptakan budaya sekolah yang sehat dan bersih serta menyenangkan sebagai sarana belajar

 

●      Melaksanakan program K7 secara terencana dan konsisten.

●      Melaksanakan perlombaan kelas bersih dan sehat secara berkala.

●      Menyediakan ruang terbuka hijau sebagai sarana pembelajaran siswa.

●      Menyediakan MCK yang proposional, bersih dan sehat.

●      Menyediakan sarana tempat cuci tangan di setiap kelas.

●      Menyediakan tong sampah dan rak sepatu di setiap kelas.

●      Mewujudkan pelayanan pendidikan dengan personal touch (kepekaan)

 

●      Melaksanakan program konseling secara terencana dan konsisten

●      Melaksanakan program Bina Pribadi Islami (BPI) untuk menumbuhkan kecintaan dan pemahaman keislaman yang baik

●      Melaksankan program home visit secara terencana

●      Melaksanakan program BSUD dan sosial action untuk menumbuhkan jiwa sosial dan kepekaan social

●      Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memenuhi standar yang ditetapkan

●      Melaksanakan program pelatihan bagi PTK untuk meningkatkan profesionalitas PTK.

●      Melaksanakan program MONEV secara berkala

●      Mengadakan rapat rutin sekolah

●      Mewujudkan inovasi dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menunjang pengembangan profesionalisme

●      Menyediakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) berbasis ICT.

●      Mengadakan pelatihan literasi dan

●      Membuat spanduk tematik yang bersifat mendidik secara periodik.

●      Menyediakan papan informasi sekolah.

●      Menyediakan blog sekolah atau PTK

  1. Tujuan SMA Terpadu Al-Qudwah

Tabel 2. Tujuan SMA Terpadu Al-Qudwah

Tujuan

Indikator Capaian

Persentase Capaian

Jangka

Pendek

Jangka

Menengah

Jangka

Panjang

●      Pencapaian tujuan belajar siswa yang optimal dalam keilmuan, sikap spiritual, perilaku dan keterampilan

●  Siswa terpantau aktivitas amalan yaumiyahnya terutama sholat 5 waktu

●  Siswa bisa membaca Al Quran sesuai dengan kaidahnya.

●  Siswa mampu menghapal do’a-do’a dalam kehidupan sehari-hari terutama do’a setelah sholat fardhu dan dzikir pagi-petang.

●  Siswa mampu menghapal do’a beberapa sholat sunnah terutama dhuha dan tahajud.

●  Siswa terbiasa melakukan tilawah Al-Quran setiap harinya.

●  Siswa terpantau dan terevaluasi aktivitas pembiasaannya yang dilakukan di sekolah.

●  Siswa melanjutkan proses mentoring lanjutan.

●  Penilaian mentoring sudah sesuai dengan format standar capaian karakter

●  Terevaluasinya program pembinaan keislaman siswa

●  Budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dan 5 R (Ringkas, rapih, resik, rawat, rajin) berjalan di antara siswa

●  Siswa terfasilitasi minatnya dalam bidang ilmiah dan teknologi

●  Siswa terfasilitasi minatnya dalam bidang bahasa asing (inggris & arab)

●  Siswa terfasilitasi minatnya dalam bidang olahraga

●  Siswa terfasilitasi minatnya dalam bidang seni

●  Memiliki tim KSN, KOSN, FLS2N, KIR yang akan mewakili kabupaten ke tingkat provinsi dan Nasional.

80 %

 

 

 

 

90%

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

70%

 

 

80%

 

 

 

 

70%

 

 

 

75%

 

 

 

 

 

 

 

70%

 

 

 

 

60%

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

60%

 

 

 

60%

85%

 

 

 

 

95%

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

85%

 

 

 

 

85%

 

 

 

 

 

75%

 

 

90%

 

 

 

 

75%

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

 

 

75%

 

 

 

 

70%

 

 

 

 

85%

 

 

 

 

70%

 

 

 

70%

90%

 

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

90 %

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

80%

 

 

100%

 

 

 

 

80%

 

 

 

85%

 

 

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

80%

 

 

 

80%

●      Pencapaian hubungan yang harmonis antara sekolah, instansi, orang tua, dan masyarakat

●      Program K7 berjalan dengan baik

●      Ruang kelas aman, nyaman, dan bersih.

●      Kelas sudah memiliki taman kelas.

●      Kelas sudah dilengkapi dengan tong sampah, rak sepatu, dan alat-alat kebersihan kelas.

●      Kelas sudah memiliki tempat cuci tangan

●      Tempat MCK terpelihara kebersihan dan kelengkapannya.

●      Lingkungan sekolah sudah dilengkapi dengan tumbuhan hijau dan berbunga dan terbebas dari sampah dan asap rokok

●      Kelas sudah memiliki display kelas.

●      Display kata-kata bijak atau seruan terpasang di lingkungan sekolah secara berkala.

●      Jajanan di warung sekolah terbebas dari bahan/zat yang berbahaya.

●      Memiliki sarana pemisahan dan pengelolaan sampah organik dan non organik

●      Terbentuknya tim peduli lingkungan di sekolah dari unsur PTK, komite dan siswa.

70%

 

 

80%

 

 

75%

 

 

90%

 

 

 

 

 

75%

 

 

85%

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

 

75%

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

80%

75%

 

 

85%

 

 

90%

 

 

95%

 

 

 

 

 

90%

 

 

95%

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

 

 

 

90%

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

90%

80%

 

 

90%

 

 

100%

 

 

100%

 

 

 

 

 

100%

 

 

100%

 

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

 

90%

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

100%

●      Menumbuhkan kesadaran akan arti pentingnya pendidikan pada masyarakat

●      Informasi/program sekolah bisa terpublikasikan dengan baik

●      Perpustakaan beroperasi dengan baik.

●      Tersedianya layanan informasi dan komunikasi bagi warga sekolah berbasis ICT

●      Piket guru berjalan dengan baik.

●      Kehadiran ortu/wali siswa dalam setiap undangan rapat.

●      Tersampaikannya undangan/pemberitahuan pada ortu/wali

●      Tersediannya mesin absensi kehadiran PTK dan siswa

90%

 

 

 

 

 

80%

 

 

80%

 

 

 

 

 

85%

 

 

70%

 

 

 

 

90%

 

 

 

75%

95%

 

 

 

 

 

90%

 

 

90%

 

 

 

 

 

95%

 

 

75%

 

 

 

 

95%

 

 

 

85%

100%

 

 

 

 

 

100%

 

 

100%

 

 

 

 

 

100%

 

 

85%

 

 

 

 

100%

 

 

 

100%

●      Meningkatnya etos belajar yang tinggi yang dilandasi nilai-nilai obyektifitas, kreatifitas, dan sportifitas

●      Guru lulus S1

●      Guru lulus S2

●      Guru tahfidz lulus D3/S1

●      Guru tahfidz memiliki sertifikat mutqin 30 Juz

●      Guru memahami 4 kompetensi guru (kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi pribadi, kompetensi sosial)

●      Guru mengembangkan dan mengintegrasikan materi pembelajaran dengan nilai-nilai Islam dan profil pelajar pancasila.

●      Guru memiliki dokumentasi penilaian siswa selama satu tahun ajaran.

●      PTK datang ke sekolah tepat waktu.

●      PTK pulang sekolah sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

●      Guru membuat administrasi pendidikan secara berkala.

●      Guru melakukan proses pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku

●      PTK melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

●      Program supervisi akademik guru terlaksana

●      MGMP/Komite belajar sekolah berjalan dengan baik

●      Training untuk PTK terlaksana dengan baik.

●      PTK melaksanakan tugas tambahannya dengan baik dan tanggung jawab.

●      PTK perempuan berbusana syar’i dan tidak berlebihan/mencolok.

●      PTK tidak merokok

●      PTK mengikuti proses pembinaaan rutin

80%

10%

 

10%

 

5%

 

70%

 

 

 

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

90%

 

 

90%

 

 

 

 

85%

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

90%

 

 

75%

 

 

75%

 

 

85%

 

 

 

 

 

85%

 

 

95%

 

90%

85%

20%

 

30%

 

10%

 

80%

 

 

 

 

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

 

85%

 

 

 

 

 

95%

 

 

95%

 

 

 

 

90%

 

 

 

95%

 

 

 

 

 

95%

 

 

 

 

 

95%

 

 

80%

 

 

80%

 

 

95%

 

 

 

 

 

95%

 

 

100%

 

95%

90%

30%

 

50%

 

20%

 

90%

 

 

 

 

 

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

100%

 

 

100%

 

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

100%

 

 

90%

 

 

90%

 

 

100%

 

 

 

 

 

100%

 

 

100%

 

100%

●      Terbentuknya lulusan yang kreatif, inovatif, dan mempunyai daya saing dalam menghadapi tantangan dimasa yang akan datang

 

●  Rata-rata nilai ujian akhir mencapai nilai rata-rata 75

●  Proporsi lulusan yang melanjutkan ke PTN

●  Proporsi lulusan yang mencapai target hafalan Al-Quran sesuai standar

●  Proporsi lulusan yang berwirausaha

●  Siswa memiliki kemampuan ICT dalam membuat laporan pembelajaran, presentasi pembelajaran, dan mengelola media sosial dan blog secara bijak.

●  Lulusan memiliki capaian karakteristik sesuai standar mutu BPI dan profil pelajar pancasila

95%

 

 

 

75%

 

 

 

30%

 

 

 

5%

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

80%

100%

 

 

 

80%

 

 

 

40%

 

 

 

10%

 

 

 

85%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90%

100%

 

 

 

80%

 

 

 

50%

 

 

 

15%

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

98%